Cara Konfigurasi IP Address, Gateway dan DNS di Mikrotik


Setelah kita mempelajari cara konfigurasi interface pada mikrotik pada artikel sebelumnya, maka kali ini kita akan membahas cara setting atau konfigurasi IP Address pada interface yang akan kita gunakan.

Sebelum kita lanjutkan ke setting IP Addressnya maka kita buat dahulu skenario atau topologi yang direncanakan, harap diperhatikan gambar topologi diatas ya, Agar proses belajar konfigurasi IP Address ini mudah dipahami.

Pada topologi diatas interface ether1 dari router mikrotik akan dihubungkan ke ISP, dengan IP Address ISP 10.10.10.1 (colokkan kabel dari ISP ke ether1 ISP), sedangkan untuk ether2 adalah interface yang dihubungkan ke switch hub unmanaged untuk dibagi ke komputer user (Jaringan Lokal). IP Address pada ether2 adalah 192.168.1.1/24

Topologi ini juga dapat dikembangkan nantinya seperti penggunaan akses point untuk hotspot dan lainnya.

Konfigurasi IP Address

Berdasarkan topologi yang telah kita rencanakan maka perintah untuk konfigurasi ip address pada ether1 sebagai berikut:
[admin@MikroTik]> ip address add address=10.10.10.2/30 interface=ether1

Cara Dasar Setting Mikrotik Untuk Pemula

Mikrotik, hampir semua orang IT mengenal benda ini, Mikrotik adalah router yang dapat menghubungkan beberapa jaringan (Network). Dalam #jaringan yang lebih kompleks, Router digunakan untuk memilihkan jalan bagi paket data untuk mencapai komputer tujuan.

Apa yang Harus menjadi Modal Anda untuk belajar Mikrotik ?

Untuk menjadi ahli jaringan dengan mikrotik alangkah baiknya Anda sudah memiliki beberapa keahlian atau skill dalam bidang jaringan network Agar lebih mudah dan cepat mengerti, Jika sudah memahami konsep jaringan belajar mikrotik menjadi sangat mudah, kita hanya perlu mempelajari fitur-fitur dan Command Line bahkan kita juga bisa menggunakan winbox agar lebih mudah.
Beberapa Modal dasar untuk belajar mikrotik adalah :

  • Dasar jaringan
    Maksud dari pada pengetahuan dasar jaringan adalah Anda sudah bisa membuat jaringan LAN biasa untuk kepentingan sharing data, sharing printer (Print Server), kabel jaringan dan IP Address.
  • Internet
    Anda diharapkan sudah terbiasa menggunakan internet seperti browsing (menggunakan browser) dan menggunakan Download Manager merupakan nilai tambah, karena kita akan menguji hasil konfigurasi mikrotik kita dengan Browser dan Download Manager.
  • Uji Coba Jaringan
    Maksud dari pada uji coba jaringan disini adalah  menggunakan tool "Ping" untuk mengetahui terhubung atau tidak suatu komputer ke internet atau jaringan.
  • Dasar TCP/IP
    Ini adalah salah satu yang sering dilupakan pemula bahkan ada beberapa orang IT sering menganggap remeh dengan TCP/IP, Padahal ini sangat penting.
Modal diatas adalah sangat mendasar dalam memahami mikrotik, Namun anda tetap dapat terus mengikuti artikel ini walaupun Anda belum paham yang saya sebutkan diatas tadi.