Cara Mempercepat Kinerja Komputer Karena Ada Sistem yang Crash

Seringkali komputer atau laptop yang kita gunakan mengalami crash sehingga terkadang beberapa software tidak bisa berjalan dengan sempurna. Jangan menduga software tidak kompatible dulu, pasalnya crash yang terjadi ini biasanya karena penggunaan perangkat yang sudah melebihi kapasitas. Sebaiknya apabila terjadi sistem yang mulai tidak noram dan komputer mulai melambat ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

1. Restart Komputer

Merestart semua sistem yang ada di dalam perangkat PC anda adalah salah satu alternatif terbaik, agar sistem bisa kembali bekerja norma. Atau apabila penggunaan PC sudah lebih dari 5 jam sebaiknya matikan PC kira-kira setengah sampai satu jam kemudian baru hidupkan kembali. Bagaimanapun komponen di dalam perangkat komputer juga bisa panas dan dampaknya sangat buruk bisa membuat komputer menjadi lambat bahkan bisa-bisa terbakar.

2. Mendefrag partisi

Di dalam komputer terdapat beberapa partisi biasanya D, C dan biasanya yang paling banyak terdapat sistem adalah di C maka bagian C ini sebaiknya di defrag, karena fungsinya untuk merapikan kembali sistem-sistem yang mengalami crash sehingga komputer kembali bisa bekerja dengan optimal seperti yang anda harakan.

3. Scan dengan Antivirus
Apabila di dalam perangkat komputer anda ada yang serasa janggal seperti terkena virus sebainya dilakukan scaning, dan jangan lupa untuk menggunakan antivirus terupdate, biasanya kabanyakan antivirus saat ini sudah ada autoupdate saat kita terkoneksi ke internet. Menggunkan antivirus premium jauh lebih baik untuk dapatkan hasil yang maksimal dalam scaning.

Beberapa cara diatas adalah sebagian yang bisa anda coba untuk membuat perangkat PC anda kembali normal seperti sendia kala. Tentu membutuhkan banyak kesabaran untuk mengangani persoalan perangkat komputer yang anda miliki. Semoga bermanfaat.

Post a Comment